Sungai Mamuju: Keindahan Alam Yang Tersembunyi

Suasana Kali Mamuju. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sungai banyak terdapat di wilayah Indonesia. Bagi beberapa wilayah terutama yang memiliki daerah pertanian, sungai menjadi salah satu sumber air untuk irigasi pertanian. Beberapa sungai yang memiliki arus deras dengan jeram-jeram dan pemandangan menarik bahkan dijadikan tempat kegiatan arung jeram. Pada kesempatan kali ini, aku ingin coba menceritakan salah satu sungai di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat yang menurutku memiliki pemandangan menarik.

Sungai itu adalah Sungai Mamuju. Begitulah orang-orang di sini menyebutnya. Sungai Mamuju merupakan salah satu Sungai yang terdapat di Kabupaten Mamuju. Awalnya aku di ajak temen-temen kantor ke sana untuk acara bakar ikan. Sempat terpikir, mengapa harus disana, mengapa g di pekarangan rumah saja, apa sih yang menarik sehingga harus ke sana. Ya berhubung aku baru di Mamuju dan memang lagi ga’ ada kerjaan, ajakan itu aku terima. Camdig, standby

Berkumpul di kos salah seorang temen sebagai starting poin keberangkatan. Setelah semua berkumpul dan persiapan sudah beres, saatnya berangkat. Let’s Go . Perjalanan menuju lokasi tidaklah terlalu sulit.  Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Mamuju dengan mobil. Jalanan menuju ke sana pun sudah baik. Hanya ada sedikit hambatan dalam perjalanan ketika melewati sebuah jembatan yang agak sedikit danger karena alas jembatan hanya dari kayu dan banyak lubang . Pemandangan menuju ke sana pun menarik karena di sebelah kiri kita disuguhkan alam hijau ya walaupun harus berhati-hati karena sebelah kiri tersebut adalah jurang. Dan akhirnya sampai juga di lokasi.

Ternyata benar. Begitu sampe di spot yang ditentukan, aku langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Sungai mengalir jernih di antara pepohonan yang masih rimbun dan hijau. Kamipun langsung menyiapkan pembakaran dari sabut kelapa untuk membakar ikan yang sudah dipersiapkan dari kos temen. Sebagian temen ada yang langsung bermain air dan berenang di sungai. Di sungai ini ada satu spot yang, entah sengaja dibuat atau memang alami, sedikit terdapat batu sungai dan memiliki kedalaman air yang cocok untuk berenang seperti di kolam renang umumnya. Setelah selesai membakar ikan dan memakannya, maka aku pun ingin mencoba air yang tampaknya segar. Dan ternyata benar, air di sungai ini segar. Kesegaran ini ditambah dengan air yang jernih disertai arus yang tidak terlalu besar serta alam yang masih hijau yang bisa menyegarkan mata.

Ternyata bukan hanya kami yang menikmati keindahan sungai ini. Banyak rombongan lain yang juga menikmati keindahan sungai ini. Tidak hanya muda-mudi yang datang, ada juga keluarga yang mengajak anaknya untuk menikmati alam yang indah ini. Kegiatan yang mereka lakukan pun sama, membakar ikan sebagai menu makan siang dan berenang atau bermain di sungai yang memiliki kesegaran.

Keindahan yang belum banyak di ketahui orang di luar Mamuju ini merupakan salah satu spot yang bagus untuk melepaskan ketegangan dan merelaksasikan diri. Alam yang masih alami, air yang segar serta lokasi yang tidak bisa dijangkau sinyal seluler akan benar-benar membuat kita rileks. Aku tak tau apakah arus dan debit air di sungai ini bisa dijadikan sarana untuk olahraga arung jeram. Kalau memang bisa maka akan bertambah satu lagi sarana untuk merilekskan diri sekaligus berolahraga dan menguji adrenalin.

Inilah salah satu keindahan alam yang masih belum terlalu di ekspos. Jika nantinya tempat ini banyak yang mengetahuinya dan banyak yang datang ke sini diharapkan keindahan dan keasrian alam ini tetap terjaga. Nantikan keindahan-keindahan lainnya yang belum banyak kalian ketahui.

This slideshow requires JavaScript.

Categories: Jelajah Nusantara | Tags: , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Sungai Mamuju: Keindahan Alam Yang Tersembunyi

  1. Salam kenal aja mas

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.